Laman

Sabtu, 15 Juni 2013

Organisasi Kehidupan (Jaringan)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Kelas/Semester            : VII4/2
Pertemuan Ke-            : 5
Pokok Bahasan           : Organisasi Kehidupan
Sub Pokok Bahasan    : Jaringan
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit                                  

I.       Standar Kompetensi
6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

II.    Kompetensi Dasar
6.3  Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

III. Indikator
1.      Menjelaskan pengertian jaringan.
2.      Membedakan bagian-bagian jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.
3.      Mengidentifkasi persamaan fungsi antara jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian jaringan.
2.      Siswa dapat membedakan bagian-bagian jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.
3.      Siswa dapat  mengidentifkasi persamaan fungsi antara jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.

V.    Materi Ajar
No.
Jaringan Tumbuhan
Jaringan Hewan
1.
Jaringan Epidermis
Jaringan Embrional
2.
Jaringan Parenkim
Jaringan Lemak
3.
Jaringan Meristem
Jaringan Epitel
4.
Jaringan Penguat
Jaringan Penyokong
5.
Jaringan Pengangkut
Jaringan Otot
6.

Jaringan Syaraf

VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
1.      Model
-        TPS (Think Pair Share)
2.    Metode Pembelajaran
-        Ceramah
-        Tanya jawab
-        Diskusi

VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
-        Guru menyampaikan salam pembuka.
-        Guru memotivasi siswa dengan bertanya pernahkah mereka memperhatikan tumbuhan awalnya pendek mejadi tinggi dan seorang bayi tumbuh menjadi anak-anak?
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti (50 menit)
-        Guru menyajikan materi tentang jaringan dan menyampaikan masalah apakah ada persamaan dan perbedaan antara jaringan tumbuhan dan jaringan hewan seperti halnya pada sel.
-        Guru meminta siswa berpikir tentang masalah yang telah disampaikan.
-        Guru meminta siswa berpasangan dengan teman sebelahnya untuk memikirkan bersama-sama permasalahan yang ada.
-        Guru membagikan materi ajar yang telah disiapkan untuk membantu siswa menjawab permasalahan yang ada sekaligus membagikan LKS.
-        Guru meminta sisa mengemukakan pemikirannya dengan membuat ringkasan pada LKS sesuai petunjuk dan bimbingan guru.
-        Guru memberikan tambahan materi yang belum diungkapkan  oleh siswa dalam LKS.

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
-        Guru memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah tentang organ.
-        Guru memberikan menyimpulkan materi pelajaran dan evaluasi.
-        Guru menutup kegiatan belajar mengajar dan mengucapkan salam penutup.

VIII.       Alat dan Sumber Pembelajaran
A.    Alat dan Bahan
-        Alat tulis
B.     Sumber
-        Berbagai informasi tentang jaringan dari internet.
-        Windarsih, Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.

IX. Penilaian
Penilaian meliputi:
-        Hasil penilaian LKS.
-        Evaluasi dilaksanakan serentak dengan tes tertulis: pilihan ganda.

LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)

Hari/Tanggal               : Rabu, 13 April 2011
Kelas/Semester            : VII4/2
Kelompok                   :
Anggota kelompok     :
1.       
2.       

A.    Tujuan
-        Membedakan macam-macam jaringan tumbuhan dengan jaringan hewan.
-        Mengidentifikasi persamaan fungsi antara jaringan tumbuhan dengan jaringan hewan.

B.     Alat dan bahan
1.      Alat tulis
2.      Materi ajar yang disiapkan guru
3.      Buku IPA Terpadu kelas VII Semester 2 Hal. 71-73

C.    Bahan Diskusi
1.      Isilah tabel di bawah ini untuk membandingkan macam-macam jaringan tumbuhan dengan jaringan hewan.

No.
Jaringan Tumbuhan
Letak Jaringan
Jaringan Hewan
Letak Jaringan
1.
Jaringan epidermis
Permukaan tubuh tumbuhan
Jaringan embrional

2.







3.







4.







5.











6.








2.    Jenis-jenis jaringan tumbuhan berbeda dengan jaringan hewan, akan tetapi ada beberapa jenis jaringan yang memiliki persamaan fungsi. Untuk mengetahui jaringan apa saja yang fungsinya sama, lengkapilah tabel di bawah ini!
No.
Jaringan Tumbuhan
Jaringan
Hewan
Persamaan Fungsi
1.



Sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya.


2.








3.








4.









EVALUASI
Nama Siswa    :
Kelas               :
Petunjuk: Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas!
Soal:
1.      Jelaskan pengertian jaringan!
2.      Perhatikan gambar-gambar jaringan di bawah ini!
A 


BC
D
Gambar manakah yang termasuk jaringan tumbuhan dan manakah jaringan hewan? Jelaskan fungsinya!
3.      Pada jaringan tumbuhan dan jaringan hewan ada persamaan pada fungsi jaringannya. Sebutkan jaringan apa saja yang memiliki persamaan tersebut!
4.      Jaringan apakah yang berperan sebagai penguat dan penyokong pada tumbuhan?

Organisasi Kehidupan (Sel)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Kelas/Semester            : VII4/2
Pertemuan Ke-            : 4
Pokok Bahasan           : Organisasi Kehidupan
Sub Pokok Bahasan    : Sel
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit                                  

I.       Standar Kompetensi
6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

II.    Kompetensi Dasar
6.3  Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

III. Indikator
1.      Menjelaskan pengertian sel.
2.      Menyebutkan minimal 3 (tiga) jenis sel.
3.      Menyebutkan minimal 5 (lima) bagian sel.
4.      Membandingkan bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian sel.
2.      Siswa dapat menyebutkan minimal 3 (tiga) jenis sel.
3.      Siswa dapat menyebutkan minimal 5 (lima) bagian sel.
4.      Siswa dapat membandingkan bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.

V.    Materi Ajar
Penyusun Makhluk Hidup
-        Sel
-        Bagian-bagian sel
-        Macam-macam sel
-        Sel tumbuhan dan sel hewan

VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
1.      Model
-        STAD (Student Teams Achievement Division)
2.    Metode Pembelajaran
-        Ceramah
-        Diskusi
-        Penugasan

VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
-        Guru menyampaikan salam pembuka.
-        Guru memotivasi siswa dengan bertanya apakah mereka pernah mendengar istilah sel dan seperti apa bentuk sel yang mereka ketahui?
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti (50 menit)
-        Guru menyajikan materi mengenai susunan klasifikasi dan aturan tata nama.
-        Guru membagi siswa dalam  kelompok belajar yang terdiri dari 5-6 siswa secara heterogen.
-        Guru membagikan lembar kegiatan siswa (LKS)  dan meminta siswa untuk mengerjakannya dalam masing-masing kelompok.
-        Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKS).
-        Guru meminta salah satu siswa dari tiap-tiap untuk menyampaikan hasil diskusi.
-        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan hasil diskusi terbaik.

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
-        Guru meminta/membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran sesuai indikator.
-        Guru memberi tugas rumah untuk menjawab soal tentang sel yang sudah disiapkan oleh guru dan memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengenai jaringan.
-        Guru menutup kegiatan belajar mengajar dan mengucapkan salam penutup.

VIII.       Alat dan Sumber Pembelajaran
A.    Alat dan Bahan
-        Alat tulis
-        Charta
B.     Sumber
-        Berbagai informasi tentang sel dari internet.
-        Windarsih, Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.
IX. Penilaian
Penilaian meliputi:
-        Hasil penilaian LKS.
-        Hasil tugas rumah perorangan.

LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)

Hari/Tanggal               : Sabtu, 9 April 2011
Kelas/Semester            : VII4/2
Kelompok                   :
Anggota kelompok     :

1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.

A.    Tujuan
-        Siswa dapat membandingkan bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.

B.     Alat dan bahan
1.      Alat tulis
2.      Gambar sel tumbuhan dan sel hewan
3.      Buku IPA Terpadu kelas VII Semester 2 Hal. 68-71

C.    Bahan Diskusi
Petunjuk:
Berilah tanda ceklis (√) pada kolom sel tumbuhan dan sel hewan apabila bagian-bagian sel yang disebutkan pada kolom bagian-bagian sel ada pada bagian selnya dan berilah tanda strip (-) apabila tidak ada pada bagian selnya.
No.
Bagian-Bagian Sel
Sel Tumbuhan
Sel Hewan
1.
Dinding sel


2.
Membran sel


3.
Sitoplasma


4.
Nukleus


5.
Nukleolus


6.
Kromosom


7.
Mitokondria


8.
Kloroplas


9.
Vakoula


10.
Retikulum Endoplasma


11.
Ribosom


12.
Badan Golgi


13.
Lisosom



Pertanyaan:
1.      Bagian sel manakah yang ada pada sel tumbuhan tetapi tidak ada pada sel hewan?
2.      Apa bagian sel terluar pada sel tumbuhan dan bagian terluar pada sel hewan?  Jelaskan fungsinya!
3.      Sel manakah yang memiliki bagian sel terbanyak?
4.      Bagaimanakah perbedaan vakoula pada sel tumbuhan dan sel hewan?

TUGAS RUMAH

Hari/Tanggal               : Sabtu, 9 April 2011
Kelas/ Semester           : VII4/2
Nama Siswa                :

Petunjuk: Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas!
Soal:
1.      Jelaskan pengertian sel!
2.      Sebutkan minimal 5 (lima) bagian sel beserta fungsinya!
3.      Apa peranan adanya dinding sel dan kloroplas hanya terdapat pada sel tumbuhan?
4.      Sebutkan minimal 3 (tiga) macam sel yang kamu ketahui!
5.      Apa bagian terbesar pada sel tumbuhan saat dewasa dan apa fungsinya?

Jawaban:
1.      ………………………………………………………………………………….
2.      …………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..
3.      ………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………..
4.      ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
5.      ………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………..