Label

Minggu, 11 November 2012

Jaringan Kolenkim


Tersusun oleh sel-sel yang berprotoplas hidup dengan penebalan dinding dari selulose, hemiselulose dan pektin (dengan kadar yang cukup tinggi),selnya bersifat elastis artinya dapat berkembang dan menyesuaikan diri dengan pertumbuhan memanjang organ.Bentuk selnya memanjang,berfungsi sebagai jaringan penyokong.Selnya kadang-kadang berisi kloroplas sehingga mampu menjalankan proses fotosintesa.Sel-sel penyusun jaringan kolenkim ini bersifat seperti parenkim yang telah mengalami diferensiasi sederhana terutama dalam hal penebalan dinding selnya.
Umumnya sel memanjang menurut poros panjang organ tumbuhan. Sel kolenkim pada umumnya terdapat di daerah perifer,misalnya langsung di sebelah dalam epidermis batang atau di daerah korteks,di sebalah dalam dari beberapa lapis sel parenkim terluar. Jaringan kolenkim ini kadang-kadang membentuk lingkaran tertutup pada batang atau berkelompok-kelompok, terutama pada rigi-rigi tangkai daun, misalnya padaApium graveolens (sledri).
Pada umumnya penebalan dinding sel kolenkim dimulai dari sudut-sudut sel, yang kemudian akan berkembang ke arah tertentu tergantung pada spesies tumbuhan. Berdasarkan bentuk penebalannya, ada beberapa tipe kolenkim :
1. Kolenkim tipe anguler 
Penebalan dinding sel terdapat di sudut-sudut sel. Susunan sel tidak teratur, tanpa ruang antar sel. Misalnya terdapat pada tangkai daun dan batang Dahlia dan Datura.

2. Kolenkim tipe lakuner atau tubuler
Penebalan dinding sel terdapat di daerah-daerah yang berbatasan dengan ruang antar sel. Bentuk sel tidak teratur, banyak ruang antar sel berbentuk pita. Misalnya terdapat pada batang Lactuca sp., tangkai daun Petasites sp. dan akar nafas Monstera sp.

Sel-sel kolenkim mempunyai protoplas dan biasanya tidak mempunyai dinding sekunder,tetapi mempunyai dinding sel primer yang lebih tebal dari pada sel-sel parenkim.fungsi jaringan kolenkim adalah untuk menyokong dan memperkuat bagian tumbuhan yang masih muda.kolenkim merupakan jaringan homogen yang tersusun atas sel-sel kolenkim.kolenkim umumnya terletak dibawah epidermis batang,tangkai daun,tangkai bunga,dan ibu tulang daun.Kolenkim jarang terdapat pada akar.Hubungan erat antara jaringan kolenkim dan parenkim tampak pada batang dimana kedua jaringan ini terletak bersebelahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar