Laman

Sabtu, 15 Juni 2013

RPP Keanekaragaman Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                         : SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Kelas/Semester                        : VII4/2
Pertemuan Ke-                        : 1
Pokok Bahasan                       : Keanekaragaman Makhluk Hidup
Sub Pokok Bahasan                : Ciri-ciri Makhluk Hidup
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit

I.       Standar Kompetensi
      6.  Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

II.    Kompetensi Dasar
      6.1  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

III. Indikator
      -      Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
      -        Menyebutkan minimal 5 (lima) ciri-ciri makhluk hidup.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
 -        Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
 -        Siswa dapat menyebutkan minimal 5 (lima) ciri-ciri makhluk hidup.

V.    Materi Ajar
      Ciri-ciri Makhluk Hidup
            -        Bernafas
            -        Bergerak
            -        Peka terhadap rangsang (iritabilita)
            -        Makan
            -        Mengeluarkan zat sisa
            -        Tumbuh
            -        Berkembang biak
            -        Beradaptasi
            -        Memiliki bahan genetik

VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
            -        Model
-        DI (Direct Interaction)
            -        Metode Pembelajaran
-        Ceramah
-        Tanya jawab
-        Penugasan

VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
            A.    Kegiatan Awal (10 menit)
            -        Guru menyampaikan salam pembuka.
           -  Guru memotivasi siswa dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya tentang perbedaan antara tanaman bunga dengan batu serta manusia.
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti (50 menit)
-     Guru menyampaikan informasi penting mengenai materi ciri-ciri makhluk hidup.
-    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab mengenai materi yang dibahas.
-    Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa yang belum benar-benar memahami materi yang telah disampaikan.

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
-        Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran.
-        Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
-        Guru memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengenai pengelompokan makhluk hidup.
-        Guru menutup kegiatan belajar dan mengucapkan salam penutup.

VIII.       Alat dan Sumber Pembelajaran
A.    Alat dan Bahan
-        Batu
-        Tanaman bunga
-        Siswa
B.     Sumber
-        Berbagai informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dari internet.
-        Windarsih, Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.

IX. Penilaian
      Penilaian meliputi:
      -        Evaluasi dilaksanakan serentak dengan tes tertulis: pilihan ganda.

EVALUASI

Hari/Tanggal               : Sabtu, 26 Maret 2011
Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Pokok Bahasan           : Ciri-ciri Makhluk Hidup
Kelas/Semester            : VII4/2
Nama Siswa                :

Petunjuk: Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!
1.      Berikut ini yang bukan merupakan ciri makhluk hidup adalah…
a.       Bernafas
b.      Berpindah tempat
c.       Tumbuh
d.      Berkembang biak


2.      Mampu melakukan iritabilitas artinya…..
a.       Mampu beradaptasi
b.      Mampu tumbuh
c.       Mampu menanggapi rangsang
d.      Mampu berkembang biak


3.      Ciri makhluk hidup yang berkaitan dengan fungsi melestarikan jenisnya adalah….
a.       Ekskresi
b.      Iritabilitas
c.       Nutrisi
d.      Reproduksi


4.      Fotosintesis menghasilkan zat berupa…..
a.       Gula yang akan diubah menjadi amilum
b.      Amilum yang akan diubah menjadi gula
c.       Protein yang akan diubah menjadi gula
d.      mineral

5.      Respirasi menghasilkan energi merupakan contoh reaksi…..
a.       Anabolisme
b.      Katabolisme
c.       Metabolisme
d.      Fermentasi


6.      Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Artinya adaptasi adalah mampu…..
a.       Melakukan metabolisme
b.      Mengatur diri
c.       Menyesuaikan diri
d.      Memperbanyak diri


7.      Berikut ini yang termasuk tumbuhan yang hidup secara heterotrof adalah…..
a.       Kantong semar
b.      Umbi jalar
c.       Apel
d.      Benalu


8.      Hewan termasuk organisme heterotrof karena…..
a.       Hewan tidak mampu menyusun zat organik dari zat anorganik
b.      Hewan mampu menyusun zat organik dari zat anorganik
c.       Hewan mampu mengeluarkan zat sisa
d.      Hewan tidak mampu menghasilkan energi


9.      Berikut ini yang termasuk hewan herbivora adalah….
a.       Kelinci, ulat, harimau
b.      Ayam, tikus, elang
c.       Sapi, kerbau, kambing
d.      Kuda, monyet, buaya


10.  Berikut ini adalah faktor yang membedakan tumbuhan dan hewan, kecuali…..
a.       Adanya klorofil
b.      Bergerak
c.       Adaptasi
d.      Cara memperoleh makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar