Label

Sabtu, 15 Juni 2013

Pengelompokan Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                         : SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Kelas/Semester                        : VII4/2
Pertemuan Ke-                        : 2
Pokok Bahasan                       : Keanekaragaman Makhluk Hidup
Sub Pokok Bahasan                : Pengelompokan Makhluk Hidup
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit

I.       Standar Kompetensi
6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

II.    Kompetensi Dasar
6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.

III. Indikator
-        Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya.
-        Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
-        Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
-        Siswa dapat membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.
-        Siswa dapat mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
-        Siswa dapat membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.

V.    Materi Ajar
Pengelompokan Makhluk Hidup
1.      Klasifikasi
-        Berdasarkan kemampuan membuat makanan
-        Berdasarkan habitat
-        Berdasarkan makanan
2.      Sejarah Klasifikasi
3.      Pengelompokan Makhluk Hidup dalam Lima Kingdom
-        Monera
-        Protista
-        Fungi
-        Plantae
-        Animalia

VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
1.      Model
-        STAD (Student Teams Achievement Division)
2.    Metode Pembelajaran
-        Ceramah
-        Diskusi
-        Penugasan

VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
-        Guru menyampaikan salam pembuka.
-        Guru memotivasi siswa dengan bertanya apakah mereka pernah melihat penjual buah-buahan yang mengelompokkan buahnya sesuai jenis, mengapa itu dilakukan?
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti (50 menit)
-        Guru menyajikan materi mengenai pengelompokan makhluk hidup.
-        Guru membagi siswa dalam  kelompok belajar yang terdiri dari 5-6 orang secara heterogen.
-        Guru membagikan lembar kegiatan siswa (LKS)  dan meminta siswa untuk mengerjakannya dalam masing-masing kelompok.
-        Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKS).
-        Guru meminta salah satu siswa dari tiap-tiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi.
-        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang menyampaikan hasil diskusi dengan baik.

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
-        Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
-        Guru meminta/membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran sesuai indikator.
-        Guru memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengenai susunan klasifikasi dan aturan tata nama.
-        Guru menutup kegiatan belajar mengajar dan mengucapkan salam penutup.

VIII.       Alat dan Sumber Pembelajaran
A.    Alat dan Bahan
-        Alat tulis
-        Charta  
B.     Sumber
-        Berbagai informasi tentang pengelompokan makhluk hidup dari internet.
-        Windarsih, Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.

IX. Penilaian
Penilaian meliputi:
-        Hasil penilaian LKS.
-        Evaluasi dilaksanakan serentak dengan tes tertulis: pilihan ganda.

LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)

Hari/Tanggal             : Sabtu, 2 April 2011
Kelas/Semester           : VII4/2
Kelompok                   :
Anggota kelompok    :


1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       

A.    Tujuan
-        Siswa dapat membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.

B.     Alat dan bahan
1.      Alat tulis
2.      Buku IPA Terpadu kelas VII Semester 2 Hal. 53-57

C.    Bahan Diskusi
Petunjuk:
Lengkapilah tabel di bawah ini tentang klasifikasi organisme sistem 5 kingdom. Isilah pada setiap kingdom: selnya prokariot (tidak memiliki membran inti) atau eukariot (memiliki membran inti), struktur tubuhnya satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multiseluler), cara memperoleh makanan bersifat autotrof atau heterotrof dan berkembang biak dengan cara apa. Berikan contoh masing-masing 1 organisme untuk tiap kingdom.
Nama Kingdom





Prokariot atau
Eukariot





Struktur Tubuh





Cara Memperoleh Makanan





Cara Berkembang biak








Contoh Organisme










EVALUASI

Hari/Tanggal               : Sabtu, 2 April 2011
Kelas/Semester            : VII4/2
Nama Siswa                :

Petunjuk: Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!
1.      Berikut ini adalah tujuan klasifikasi makhluk hidup, kecuali….
a.       Mempermudah dalam mempelajarinya
b.      Mempermudah dalam mengenalnya
c.       Untuk menyusun hubungan kekerabatannya
d.      Untuk pelestarian makhluk hidup

2.      Dalam membuat klasifikasi makhluk hidup, salah satu yang dilakukan adalah mengidentifikasi ciri yang mudah diamati. Ciri yang mudah diamati adalah sebagai berikut, kecuali…..
a.       Jumlah sel
b.      Bentuk tubuh
c.       Ukuran tubuh
d.      Alat reproduksi

3.      Di bawah ini kelompok hewan yang diklasifikasikan berdasarkan makanannya adalah….
a.       Sapi, lumba-lumba, tikus
b.      Lebah, monyet, kuda
c.       Elang, buaya, beruang
d.      Kutilang, kerbau, kelinci

4.      Perbedaan paling mendasar antara hewan invertebrata dan hewan vertebrata adalah…..
a.       Adanya klorofil
b.      Ada dan tidak adanya tulang belakang
c.       Ada dan tidak adanya spora
d.      Cara mendapatkan makanan

5.      Makhluk hidup memiliki kekerabatan yang dekat adalah makhluk hidup yang memilki…..
a.       Banyak persamaan ciri-ciri
b.      Sedikit persamaan ciri-ciri
c.       Tidak memilki persamaan ciri-ciri
d.      Memiliki manfaat yang sama

6.      Dalam klasifikasi makhluk sistem 5 kingdom, kingdom yang struktur tubuhnya uniseluler adalah…..
a.       Monera dan Animalia
b.      Protista dan Plantae
c.       Monera dan Protista
d.      Plantae dan Animalia

7.      Kingdom di bawah ini adalah termasuk organisme eukariotik, kecuali …..
a.       Fungi
b.      Plantae
c.       Protista
d.      Monera 

8.      Di bawah ini contoh tumbuhan Monocotyledoneae adalah…..
a.       Kelapa, rambutan, nangka
b.      Padi, jagung, kelapa
c.       Pinang, padi, mangga
d.      Gandum, semangka, jengkol

9.      Perhatikan ciri-ciri organime di bawah ini:
1)      Hewan berupa cacing
2)      Bentuk tubuh panjang seperti benang dan tidak bersegmen
3)      Dilengkapi dengan mulut dan anus
4)      Ada yang hidup bebas dan parasit
Ciri-ciri organisme di atas sesuai dengan kelompok hewan….
a.       Porifera
b.      Nemanthelminthes
c.       Platythelminthes
d.      Mollusca

10.  Berikut ini adalah anggota dari mamalia, kecuali
a.       Tikus, mencit, sapi
b.      Kerbau, manusia, orang utan
c.       Babi, gajah, ikan duyung
d.      Kura-kura, komodo, kasuari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar