Label

Digital clock

Sabtu, 15 Juni 2013

Susunan Klasifikasi dan Aturan Tata Nama


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Kelas/Semester            : VII4/2
Pertemuan Ke-            : 3
Pokok Bahasan           : Keanekaragaman Makhluk Hidup
Subpokok Bahasan     : Susunan Klasifikasi dan Aturan Tata Nama
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

I.       Standar Kompetensi
6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

II.    Kompetensi Dasar
6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.

III. Indikator
-        Mengurutkan urutan takson pada hewan dan tumbuhan.
-        Memahami aturan penamaan makhluk hidup dalam sistem binomial numenclature.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
-        Siswa dapat mengurutkan urutan takson pada hewan dan tumbuhan.
-        Siswa dapat memahami cara penamaan makhluk hidup dalam sistem binomial numenclature.

V.    Materi Ajar
1.      Susunan klasifikasi
Urutan Takson
Hewan
Tumbuhan
Kerajaan
Kingdom
Regnum
Bagian
Phylum
Divisio
Kelas
Classis
Classis
Bangsa
Ordo
Ordo
Suku
Familia
Familia
Marga
Genus
Genus
Jenis
Species
Species

2.      Aturan Tata Nama
a.       Penamaan dalam bahasa latin.
b.      Penamaan jenis terdiri atas dua kata.
c.       Kata pertama menunjukkan nama genus dan penulisannya dengan huruf besar (kapital).
d.      Kata kedua menunjukkan nama spesies dan diawali dengan huruf kecil.
e.       Kata pertama dan kedua dicetak miring jika diketik atau digaris bawahi jika ditulis tangan.

VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
1.      Model
-        NHT (Number Head Together)
2.    Metode Pembelajaran
-        Ceramah
-        Diskusi
-        Penugasan

VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
-        Guru menyampaikan salam pembuka.
-        Guru memotivasi siswa dengan bertanya mengapa semua makhluk hidup harus memiliki nama dan apa yang terjadi apabila makhluk hidup tidak punya nama?
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti (50 menit)
-        Guru menyajikan materi mengenai susunan klasifikasi dan aturan tata nama.
-        Guru membagi siswa dalam  kelompok belajar yang terdiri dari 5-6 siswa secara heterogen.
-        Guru memberi nomor bagi setiap anggota kelompok sesuai tugas masing-masing.
-        Guru membagikan lembar kegiatan siswa (LKS)  dan meminta siswa untuk mengerjakannya dalam masing-masing kelompok.
-        Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mengerjakan lembar kegiatan siswa (LKS).
-        Guru memanggil nomor siswa dari tiap-tiap kelompok yang bertugas menyampaikan hasil diskusi.
-        Guru memberi kesempatan kepada anggota kelompok lain untuk memberi tanggapan.
-        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan hasil diskusi dengan baik.

C.    Kegiatan Akhir (20 menit)
-        Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
-        Guru meminta/membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran sesuai indikator.
-        Guru memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengenai organisasi kehidupan.
-        Guru menutup kegiatan belajar mengajar dan mengucapkan salam penutup.

VIII.       Alat dan Sumber Pembelajaran
A.    Alat dan Bahan
-        Alat tulis
B.     Sumber
-        Berbagai informasi tentang pengelompokan makhluk hidup dari internet.
-        Windarsih, Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.
IX. Penilaian
Penilaian meliputi:
-        Hasil penilaian LKS.
-        Evaluasi dilaksanakan serentak dengan tes tertulis: essay.

LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)

Hari/Tanggal               : Rabu, 6 April 2011
Kelas/Semester            : VII4/2
Kelompok                   :
Anggota kelompok     :

1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.

A.    Tujuan
-        Siswa dapat mengurutkan urutan takson pada hewan dan tumbuhan.

B.     Alat dan bahan
1.      Alat tulis
2.      Buku IPA Terpadu kelas VII Semester 2 Hal. 58-59

C.    Bahan Diskusi
Petunjuk:
Susunlah urutan takson dalam klasifikasi hewan dan tumbuhan di bawah ini sehingga menjadi urutan takson yang benar dalam susunan klasifikasi mulai tingkatan paling tinggi hingga terendah.

Nomor siswa dan tugas dalam kelompok:
Nomor siswa
Tugas
1
Membaca dan memahami petunjuk dan soal diskusi.
2, 3 dan 4
Mencari jawaban.
5
Menuliskan jawaban pada LKS.
6
Menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Soal:
1.      Klasifikasi Anijng
Species                       Canidae                      
Ordo                           Mamalia
Classis                        Animalia
Genus                         Canis lupus
Kingdom                    Chordata
Familia                       Canis
Phylum                       Carnivora

2.      Klasifikasi Padi
Familia                       Monocotyledoneae
Ordo                           Zingiberaceae
Regnum                      Spermatophyta
Species                       Zingiberales
Divisio                        Plantae
Genus                         Musa paradisiaca
Classis                        Musa
Jawaban:
1.      Klasifikasi Anjing
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................

2.      Klasifikasi Padi
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................ 

EVALUASI

Hari/Tanggal               : Rabu, 6 April 2011
Kelas/ Semester           : VII3/2
Nama Siswa                :

Petunjuk: Tulislah jawaban secara singkat dan jelas!
Soal:
1.      Pada urutan takson (tingkatan) manakah terdapat perbedaan istilah susunan klasifikasi pada hewan dan tumbuhan?
2.      Mengapa dalam penamaan makhluk hidup menggunakan nama ilmiah?
3.      Berdasarkan apakah makhluk hidup dimasukkan kedalam tingkatan kerajaan?
4.      Berilah 2 contoh penulisan nama ilmiah sesuai sistem binomial nomenclature!

Jawaban:
1.      ………………………………………………………………………………….
2.      …………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………….
3.      ………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………..
4.      ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar