RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
(Biologi)
Kelas/Semester : VII4/2
Pertemuan Ke- :
2
Pokok Bahasan : Keanekaragaman Makhluk
Hidup
Sub Pokok Bahasan : Pengelompokan Makhluk Hidup
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
Standar Kompetensi
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
II. Kompetensi Dasar
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang
dimiliki.
III. Indikator
-
Membedakan
makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus yang
dimilikinya.
-
Mendeskripsikan
pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
-
Membuat
perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
-
Siswa
dapat membedakan makhluk hidup yang
satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.
-
Siswa
dapat mendeskripsikan pentingnya
dilakukan klasifikasi makhluk hidup.
-
Siswa
dapat membuat perbandingan
ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
V. Materi Ajar
Pengelompokan Makhluk Hidup
1. Klasifikasi
-
Berdasarkan
kemampuan membuat makanan
-
Berdasarkan
habitat
-
Berdasarkan
makanan
2. Sejarah Klasifikasi
3. Pengelompokan Makhluk Hidup dalam Lima
Kingdom
-
Monera
-
Protista
-
Fungi
-
Plantae
-
Animalia
VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
1. Model
-
STAD
(Student Teams Achievement Division)
2.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Penugasan
VII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (10 menit)
-
Guru
menyampaikan salam pembuka.
-
Guru
memotivasi siswa dengan bertanya apakah mereka pernah melihat penjual
buah-buahan yang mengelompokkan buahnya sesuai jenis, mengapa itu dilakukan?
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti (50 menit)
-
Guru
menyajikan materi mengenai pengelompokan makhluk hidup.
-
Guru
membagi siswa dalam kelompok belajar
yang terdiri dari 5-6 orang secara heterogen.
-
Guru
membagikan lembar kegiatan siswa (LKS)
dan meminta siswa untuk mengerjakannya dalam masing-masing kelompok.
-
Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mengerjakan lembar kegiatan
siswa (LKS).
-
Guru
meminta salah satu siswa dari tiap-tiap kelompok untuk menyampaikan hasil
diskusi.
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang menyampaikan hasil diskusi dengan
baik.
C.
Kegiatan Akhir (20 menit)
-
Guru
memberikan evaluasi kepada siswa.
-
Guru
meminta/membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran sesuai indikator.
-
Guru
memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengenai susunan
klasifikasi dan aturan tata nama.
-
Guru
menutup kegiatan belajar mengajar dan mengucapkan salam penutup.
VIII. Alat dan Sumber Pembelajaran
A.
Alat dan Bahan
-
Alat
tulis
-
Charta
B.
Sumber
-
Berbagai
informasi tentang pengelompokan makhluk hidup dari internet.
-
Windarsih,
Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII
Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.
IX. Penilaian
Penilaian meliputi:
-
Hasil
penilaian LKS.
-
Evaluasi
dilaksanakan serentak dengan tes tertulis: pilihan ganda.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
(LKS)
Hari/Tanggal : Sabtu, 2 April 2011
Kelas/Semester : VII4/2
Kelompok :
Anggota kelompok :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
A. Tujuan
-
Siswa
dapat membuat perbandingan
ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
B. Alat dan bahan
1.
Alat tulis
2.
Buku IPA Terpadu kelas VII
Semester 2 Hal. 53-57
C. Bahan Diskusi
Petunjuk:
Lengkapilah tabel di
bawah ini tentang klasifikasi organisme sistem 5 kingdom. Isilah pada setiap
kingdom: selnya prokariot (tidak memiliki membran inti) atau eukariot (memiliki
membran inti), struktur tubuhnya satu sel (uniseluler) atau banyak sel
(multiseluler), cara memperoleh makanan bersifat autotrof atau heterotrof dan
berkembang biak dengan cara apa. Berikan contoh masing-masing 1 organisme untuk
tiap kingdom.
Nama
Kingdom
|
|||||
Prokariot
atau
Eukariot
|
|||||
Struktur
Tubuh
|
|||||
Cara
Memperoleh Makanan
|
|||||
Cara Berkembang biak
|
|||||
Contoh Organisme
|
EVALUASI
Hari/Tanggal :
Sabtu, 2 April 2011
Kelas/Semester : VII4/2
Nama
Siswa :
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!
1. Berikut
ini adalah tujuan klasifikasi makhluk hidup, kecuali….
a. Mempermudah
dalam mempelajarinya
b. Mempermudah
dalam mengenalnya
c. Untuk
menyusun hubungan kekerabatannya
d. Untuk
pelestarian makhluk hidup
2. Dalam
membuat klasifikasi makhluk hidup, salah satu yang dilakukan adalah
mengidentifikasi ciri yang mudah diamati. Ciri yang mudah diamati adalah
sebagai berikut, kecuali…..
a. Jumlah
sel
b. Bentuk
tubuh
c. Ukuran
tubuh
d. Alat
reproduksi
3. Di
bawah ini kelompok hewan yang diklasifikasikan berdasarkan makanannya adalah….
a. Sapi,
lumba-lumba, tikus
b. Lebah,
monyet, kuda
c. Elang,
buaya, beruang
d. Kutilang,
kerbau, kelinci
4. Perbedaan
paling mendasar antara hewan invertebrata dan hewan vertebrata adalah…..
a. Adanya
klorofil
b. Ada
dan tidak adanya tulang belakang
c. Ada
dan tidak adanya spora
d. Cara
mendapatkan makanan
5. Makhluk
hidup memiliki kekerabatan yang dekat adalah makhluk hidup yang memilki…..
a. Banyak
persamaan ciri-ciri
b. Sedikit
persamaan ciri-ciri
c. Tidak
memilki persamaan ciri-ciri
d. Memiliki
manfaat yang sama
6. Dalam
klasifikasi makhluk sistem 5 kingdom, kingdom yang struktur tubuhnya uniseluler
adalah…..
a. Monera
dan Animalia
b. Protista
dan Plantae
c. Monera
dan Protista
d. Plantae
dan Animalia
7. Kingdom
di bawah ini adalah termasuk organisme eukariotik, kecuali …..
a. Fungi
b. Plantae
c. Protista
d. Monera
8. Di
bawah ini contoh tumbuhan Monocotyledoneae adalah…..
a. Kelapa,
rambutan, nangka
b. Padi,
jagung, kelapa
c. Pinang,
padi, mangga
d. Gandum,
semangka, jengkol
9. Perhatikan
ciri-ciri organime di bawah ini:
1) Hewan
berupa cacing
2) Bentuk
tubuh panjang seperti benang dan tidak bersegmen
3) Dilengkapi
dengan mulut dan anus
4) Ada
yang hidup bebas dan parasit
Ciri-ciri
organisme di atas sesuai dengan kelompok hewan….
a. Porifera
b. Nemanthelminthes
c. Platythelminthes
d. Mollusca
10. Berikut
ini adalah anggota dari mamalia, kecuali
a. Tikus,
mencit, sapi
b. Kerbau,
manusia, orang utan
c. Babi,
gajah, ikan duyung
d. Kura-kura,
komodo, kasuari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar