RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMPN 6 Palangka Raya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
(Biologi)
Kelas/Semester : VII4/2
Pertemuan Ke- : 1
Pokok Bahasan : Keanekaragaman Makhluk
Hidup
Sub Pokok Bahasan : Ciri-ciri Makhluk Hidup
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
I.
Standar Kompetensi
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
II. Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
III. Indikator
- Mendeskripsikan
ciri-ciri makhluk hidup.
-
Menyebutkan
minimal 5 (lima) ciri-ciri makhluk hidup.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran diharapkan:
- Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
- Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
-
Siswa
dapat menyebutkan minimal 5 (lima) ciri-ciri makhluk hidup.
V. Materi Ajar
Ciri-ciri Makhluk Hidup
-
Bernafas
-
Bergerak
-
Peka terhadap
rangsang (iritabilita)
-
Makan
-
Mengeluarkan
zat sisa
-
Tumbuh
-
Berkembang
biak
-
Beradaptasi
-
Memiliki
bahan genetik
VI. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran
-
Model
-
DI
(Direct Interaction)
-
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya
jawab
-
Penugasan
VII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (10 menit)
-
Guru
menyampaikan salam pembuka.
- Guru
memotivasi siswa dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya tentang
perbedaan antara tanaman bunga dengan batu serta manusia.
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.
Kegiatan Inti (50 menit)
- Guru
menyampaikan informasi penting mengenai materi ciri-ciri makhluk hidup.
- Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab mengenai materi
yang dibahas.
- Guru
memberi kesempatan bertanya kepada siswa yang belum benar-benar memahami materi
yang telah disampaikan.
C.
Kegiatan Akhir (20 menit)
-
Guru
membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran.
-
Guru
memberikan evaluasi kepada siswa.
-
Guru
memberitahukan kepada siswa materi pada pertemuan selanjutnya adalah mengenai
pengelompokan makhluk hidup.
-
Guru
menutup kegiatan belajar dan mengucapkan salam penutup.
VIII. Alat dan Sumber Pembelajaran
A.
Alat dan Bahan
-
Batu
-
Tanaman
bunga
-
Siswa
B.
Sumber
-
Berbagai
informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dari internet.
-
Windarsih,
Gut. 2010. PR IPA Terpadu Kelas VII
Semester 2. Klaten: Intan Pariwara.
IX. Penilaian
Penilaian meliputi:
-
Evaluasi
dilaksanakan serentak dengan tes tertulis: pilihan ganda.
EVALUASI
Hari/Tanggal : Sabtu, 26 Maret 2011
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (Biologi)
Pokok
Bahasan : Ciri-ciri Makhluk
Hidup
Kelas/Semester : VII4/2
Nama
Siswa :
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!
1. Berikut
ini yang bukan merupakan ciri makhluk hidup adalah…
a. Bernafas
b. Berpindah
tempat
c. Tumbuh
d. Berkembang
biak
2. Mampu
melakukan iritabilitas artinya…..
a. Mampu
beradaptasi
b. Mampu
tumbuh
c. Mampu
menanggapi rangsang
d. Mampu
berkembang biak
3. Ciri
makhluk hidup yang berkaitan dengan fungsi melestarikan jenisnya adalah….
a. Ekskresi
b. Iritabilitas
c. Nutrisi
d. Reproduksi
4. Fotosintesis
menghasilkan zat berupa…..
a. Gula
yang akan diubah menjadi amilum
b. Amilum
yang akan diubah menjadi gula
c. Protein
yang akan diubah menjadi gula
d. mineral
5. Respirasi
menghasilkan energi merupakan contoh reaksi…..
a. Anabolisme
b. Katabolisme
c. Metabolisme
d. Fermentasi
6. Makhluk
hidup mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Artinya adaptasi adalah mampu…..
a. Melakukan
metabolisme
b. Mengatur
diri
c. Menyesuaikan
diri
d. Memperbanyak
diri
7. Berikut
ini yang termasuk tumbuhan yang hidup secara heterotrof adalah…..
a. Kantong
semar
b. Umbi
jalar
c. Apel
d. Benalu
8. Hewan
termasuk organisme heterotrof karena…..
a. Hewan
tidak mampu menyusun zat organik dari zat anorganik
b. Hewan
mampu menyusun zat organik dari zat anorganik
c. Hewan
mampu mengeluarkan zat sisa
d. Hewan
tidak mampu menghasilkan energi
9. Berikut
ini yang termasuk hewan herbivora adalah….
a. Kelinci,
ulat, harimau
b. Ayam,
tikus, elang
c. Sapi,
kerbau, kambing
d. Kuda,
monyet, buaya
10. Berikut
ini adalah faktor yang membedakan tumbuhan dan hewan, kecuali…..
a. Adanya
klorofil
b. Bergerak
c. Adaptasi
d. Cara
memperoleh makanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar